Friday, October 7, 2016

#SIP PENGERTIAN INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI


Pengertian Informasi
Menurut Luciano Floridi memberikan pengertian informasi yang juga menjelaskan bahwa informasi adalah sebuah labirin konseptual, yaitu informasi merupakan kerangka pemahaman yang tidak bisa dibentuk pandangan umum, tentang apa itu informasi. Melainkan melalui pemahaman lainnya, yang mendukung pengertian informasi itu sendiri.

Definisi sistem
Menurut Eriyanto (2004) sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan, sistem adalah komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

Elemen sistem
-       Input
-       Proses
-       Output

Karakteristik sistem
-       Memiliki komponen
-       Memiliki batasan (boundaries)
-       Memiliki lingkungan (environment)
-       Memiliki interface
-       Memiliki input
-       Memiliki output
-       Memiliki pengolah
-       Memiliki sasaran atau tujuan

Pengertian Sistem Informasi
Hall (2001) mengatakan bahwa sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai.

Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Menurut Chr. Jimmy L. Gaol (2008) sistem informasi psikologi bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal. Sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan psikologi yang dapat bermanfaat bagi penggunanya. Contohnya adalah pengaplikasian Sistem Informasi Psikologi dalam kehidupan yaitu penggunaan teknologi dalam pengambilan data tes psikologi, dalam hal ini umumnya komputer (komputerisasi alat tes psikologi).  Seperti tes psikologi yang dulunya diberikan dengan cara manual, sekarang sudah bisa diberikan dengan komputerisasi seperti papikostik, hal ini merupakan suatu kerjasama antara bidang psikologi dengan ilmu komputer yang memberikan manfaat bagi kualitas tes psikologi tersebut.

Daftar Pustaka:
Eriyanto. (2004). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Bogor: Grasindo. (Google Book). Diakses pada tanggal 7 Oktober 2016.
Gaol, C.J.L (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo. (Google Book). Diakses pada tanggal 7 Oktober 2016.
http://www.anneahira.com/pengertian-informasi.htm. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2016.

No comments:

Post a Comment